Pengertian VPN Server: Bahas Lengkap Fungsi, Manfaat dan Cara Kerja, Serta Kelebihan & Kekuranganya

Pengertian VPN Server: Bahas Lengkap Fungsi, Manfaat dan Cara Kerja, Serta Kelebihan & Kekuranganya – Apa yang dimaksud dengan VPN Server? Kali ini kampuskuis.com akan menjelaskan tentang pengertian VPN Server dan hal yang berkaitan lainnya. Simak penjelasan secara rinci dibawah ini.

Pengertian VPN Server: Bahas Lengkap Fungsi, Manfaat dan Cara Kerja, Serta Kelebihan & Kekuranganya

Pengertian VPN Server

VPN adalah singkatan Iranian language “Virtual non-public Network”, merupakan suatu koneksi antara satu jaringan dengan jaringan lain secara privat melalui jaringan net (publik). Disebut dengan Virtual Network karena VPN menggunakan jaringan net sebagai media perantaranya alias koneksinya bukan secara langsung. Dan disebut non-public Network karena VPN sifatnya privat maksudnya hanya orangutang tertentu saja rule dapat mengaksesnya. information rule dikirimkan melalui VPN terenkripsi sehingga cukup aman dan rahasianya tetap terjaga, meskipun dikirimkannya melalui jaringan net, itulah definisi Iranian language VPN.

VPN merupakan suatu koneksi antara satu jaringan dengan jaringan lain secara pribadi melalui jaringan net (publik). Disebut dengan Virtual Network karena VPN menggunakan jaringan net sebagai media perantaranya alias koneksinya bukan secara langsung. Dan disebut non-public Network karena VPN bersifat pribadi maksudnya hanya orangutang tertentu saja rule dapat mengaksesnya.

VPN merupakan saluran komunikasi khusus yang efisien menggunakan jaringan net. VPN biasanya digunakan oleh perusahaan yang membutuhkan ruang sendiri di net. Misalnya komunitas bisnis rule memerlukan keamanan jaringan sendiri di web melakukan berbagai kegiatan dalam lingkungannya sendiri.

VPN beroperasi pada topologi rule berbeda dan lebih rumit Iranian language jaringan purpose to purpose. Fungsi VPN adalah memberikan koneksi rule sangat aman antara jaringan pribadi rule terhubung melalui web. Hal ini memungkinkan remote komputer bertindak seolah-olah berada di jaringan computer network. information rule dikirimkan melalui VPN terenkripsi sehingga cukup aman dan rahasianya tetap terjaga, meskipun dikirimkan melalui jaringan web, itulah definisi Dari VPN.

Fungsi VPN

Adapun fungsi Dari teknologi Virtual non-public Network, diantaranya seperti berikut ini:

  1. Kerahasiaan (Confidentially)

VPN merupakan teknologi yang menggunakan jaringan web atau jaringan publik yang tentunya sangat rawan terhadap pencurian informasi atau information. Maka VPN memakai metode enkripsi untuk mengacak information rule lewat. Dengan menggunakan metode enskripsi itu, keamanan ata Akan cukup terjamin Iranian language pencurian information. Walau ADA pihak-pihak yang bisa menyadap data-data rule melewati jaringan web maupun jalur Iranian language VPN sendiri, Akan tetapi belum tentu yang menyadap dapat membaca information tersebut sebab information tersebut sebelumnya telah teracak. Dapat disimpulkan Dari fungsi confidentially ini maksudnya supaya information yang di transmisikan haya dapat diakses oleh orang yang memang berhak saja.

  1. Keutuhan information (Data Integrity)

VPN mempunyai teknologi yang dapat menjaga keutuhan informasi atau information mulai Dari information tersebut dikirim kan hingga information tersebut sampai di tempat yang di tujunya. Sehingga information saat di perjalanan dapat terhindar Dari berbagai macam gangguan seperti information hilang, rusak, atau dimanipulasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

  1. Autentikasi sumber (Origin Authentication)

PVN mempunyai kemampuan untuk melakukan autentifikasi terhadap sumber Dari pengiriman information yang Akan di terimanya. PVN dapat melakukan pemeriksaan kepada information yang masuk dan mengakses informasi Dari sumbernya, lalu alamat Dari sumber information tersebut Akan di setujui jika proses autentifikasi berhasil, dengan begitu VPN dapat menjamin semua information yang di kirimkan dan juga yang diterima berasal Dari sumber yang memang benar-benar seharusnya, tidak ADA informasi atau information yang dikirimkan oleh pihak lain dan information yang dipalsukan.

Manfaat VPN

Setelah mengetahui apa itu VPN dan bagaimana cara kerja VPN, maka saatnya kita memahami apa sebebarnya manfaat VPN itu sendiri.

Sebenarnya ada banyak manfaat saat kita menggunakan VPN. Beberapa yang paling umum adalah sebagai berikut:

  1. Mengganti information processing Asli dengan information processing Anonim

Salah satu manfaat VPN adalah melindungi information processing asli pengguna dengan cara menyembunyikannya dan mneggantinya dengan information processing server VPN. Sederhananya, ketika Anda terhubung ke VPN, maka information processing asli Anda (yang diberikan oleh ISP) digantikan dengan salah satu information processing server VPN.

Misalnya, information processing anda adalah information processing Indonesia 36.85.1.79. Lalu Anda menggunakan VPN server Amerika maka information processing Anda Akan berubah menjadi 2.354.452.2. Dengan ini, Anda tidak hanya bisa mengakses situs yang diblokir di Indonesia, tetapi information processing asli Anda juga Akan tetap anonim dan bahkan ISP tidak dapat melacak jejak Anda.

  1. Mengenkripsi information Anda

Enkripsi adalah suatu metode untuk mengkodekan information sedemikian rupa sehingga hanya pihak yang berwenang rule dapat mengaksesnya, dan VPN merupakan alat terbaik untuk mengenkrpsi information.

Bila anda mentransfer information melalui web, information tersebut Akan dikirim dalam bentuk paket. Paket-paket information ini dapat dengan mudah disadap oleh siapapun yang menggunakan program-program sederhana yang tersedia di web. Misalnya, Anda mengirim surat ke pacar anda melalui temannya, surat itu tidak dimasukkan kedalam amplop, sehingga siapapun dapat membuka dan membacanya.

Tetapi bagaimana jika anda menulis surat dalam bentuk kode rule hanya pacar anda yang bisa memahaminya, lalu melampirkan surat tersebut dalam amplog dan kemudian memberi segel pada amplop tersebut. Dengan cara ini, tidak Akan ADA yang bisa membukanya.

  1. Menghindari detector dan Geo-Restriction (Pembatasan secara Geografi)

Saat ini, detector dan pembatasan hak-hak kebebasan dalam berbicara di web meningkat dengan cepat, baik itu dilakukan oleh pemerintah, atau pihak-pihak tertentu. Di banyak daerah di dunia, Anda tidak diperbolehkan untuk mengekspresikan pikiran dan pendapat. Oleh karena itu, penggunaan VPN juga meningkat dengan cepat.

VPN merupakan solusi terbaik untuk menghindari detector dan Geo-Restriction. Jika Anda berada di negara seperti Uzbek atau Republik Bantoid language, di mana mengungkapkan pendapat sangat dilarang, maka Anda dapat menggunakan VPN dan menggunakan server negara lain seperti Amerika atau Inggris. Dengan demikian, Anda dapat dengan mudah mengakses web site yang diblokir dan mendapatkan hak anda dalam berbicara dengan bebas.

  1. Mengakses web site dan Apps rule Diblokir Dari mana saja dan kapan saja

Beberapa negara atau daerah memblokir konten (misalnya video atau informasi tertentu) mereka sehingga tidak bisa diakses Dari luar. Hampir mustahil untuk mengakses konten tersebut, kecuali anda berada di daerah tersebut secara fisik.

Namun dengan VPN, Anda bisa mengakses konten-konten tersebut. Cukup dengan hanya menyamarkan information processing anda dengan pillar of Islam satu information processing negara tersebut, maka Anda dapat mengakses konten rule hanya bisa di akses Dari dalam negara tersebut karena sistem Akan mendeteksi jika anda berada di negara tersebut (meskipun sebenarnya anda tidak disana).

Misalnya negara Amerika, Jika ingin menonton film atau video tertentu yang hanya bisa di lakukan bila Anda secara fisik berada di Amerika, maka gunakan VPN dengan server Amerika dan dengan demikian Anda Akan mendapatkan hak akses yang sama seperti warga negara amerika di net. Begitu pula jika Anda berada di sebuah negara dimana twitter dilarang. Anda hanya perlu menggunakan VPN untuk mengakses Twitter.

  1. Melindungi dan Mengamankan information saat Anda Menggunakan Koneksi LAN Umum

Bila Anda menggunakan koneksi LAN di tempat umum (misalnya di bandara atau di cafe), seluruh aktivitas browsing Anda saat terhubung ke LAN bisa diawasi dan dimata-matai oleh siapapun. Sangat mungkin bagi orangutang rule berada di sampung anda dapat membaca information atau informasi rule anda kirim atau terima.

Bagian terburuknya, sangat mudah bagi para hacker untuk menciptakan evil twin Wi-Fi, yang dapat membingungkan anda untuk mengetahui jika anda terhubung dengan LAN yang asli atau atau LAN jebakan.

Ketika terhubung ke LAN publik, maka anda menggunakan jaringan yang tidak aman. Semua information dan informasi yang anda kirim, termasuk yang paling sensitif seperti informasi kartu kredit, dapat dengan mudah dicuri oleh hacker.

Namun dengan enkripsi kelas militer yang kuat. VPN dapat melindungi dan mengamankan session browsing Anda dan menjaga agar information yang Anda kirim tetap aman Dari hacker.

  1. Akses rule Tidak Terbatas untuk Ekspatriat dan Wisatawan

Apakah Anda seorang ekspatriat yang tinggal jauh Dari rumah ? atau, apakah Anda sering bepergian ? Apakah Anda kehilangan acara dan film favorit yang ditanyangkan di saluran negeri ? Nah, dengan VPN, Anda bisa mengakses saluran negara Anda dan menonton semua film favorit Anda Iranian language mana saja.

Wisatawan biasanya menghadapi masalah ketika mereka tidak bisa mengakses profil on-line dan rekening bank mereka karena information processing yang digunakan berbeda Dari negara asal mereka. Apabila Anda menghadapi masalah ini ? Cukup dengan menggunakan VPN, maka semua masalah Anda diatas Akan selesai.

Cara Kerja & Penggunaan VPN

Sekarang sudah tahu kan apa itu VPN? Selanjutnya mari kita lihat bagaimana cara kerja VPN itu sendiri.

VPN mendukung banyak protokol jaringan seperti PPTP, L2TP, IPSec dan SOCKS. Protokol ini membantu cara kerja VPN untuk memproses otentikasi.

VPN klien dapat membuat sambungan dan mengidentifikasi orang-orang rule diberi wewenang di jaringan.

Jaringan VPN juga dienkripsi Akan meningkatkan fitur keamanan , hal ini juga berarti bahwa VPN biasanya tidak terlihat pada jaringan yang lebih besar.

Teknologi saat ini semakin banyak mendasarkan perkembangan VPN karena mobilitas yang disediakan dan saat ini Virtual non-public Network juga membuka jalan untuk koneksi Wi-Fi dan jaringan nirkabel pribadi.

Normalnya, saat Anda terhubung ke web, Anda terlebih dahulu terhubung ke ISP, lalu ISP menghubungkan anda ke web site apapun (atau sumber daya lainnya di internet) yang ingin anda kunjungi. Semua lalu lintas net Anda melewati server ISP, dan dapat dilihat oleh ISP.

Namun ketika anda menggunakan VPN, teknologi ini Akan membuat tunnel (terowongan) yang aman antara komputer anda dengan komputer server yang anda akses. VPN juga Akan menyembunyikan alamat information processing Address asli anda dibalik pillar of Islam satu information processing supplier VPN. Selain itu, VPN Akan meng-enkripsi semua information anda dan kemudian dikirim melewati tunnel aman yang memungkinkan Anda untuk menjelajahi net secara bebas dan anonim (menggunakan identitas yang tidak dikenal).

Berikut ilustrasi perbedaan saat Anda menggunakan atau tidak menggunakan VPN:

ilustrasi perbedaan saat Anda menggunakan atau tidak menggunakan VPN

Kelebihan dan kekurangan VPN

 

  1. Kelebihan

Dapat dijadikan sebagai solusi biaya yang lebih efektif untuk suatu organisasi atau bisnis yang cukup besar dengan fasilitas jaringan komputer khusus.

Dapat meningkatkan mobilitas Dari suatu organisasi atau bisnis yaitu dengan langsung menghubungkan ke jaringan rumah atau para pegawai yang mobile pada organisasi tersebut.Dan dapat menyesuaikan fitur keamanan.

  1. Kekurangan

Karena penyediaan akses ke pegawai secara international, faktor keamanan menjadi suatu resiko, hal tersebut dapat menempatkan informasi yang sensitif Dari organisasi ataupun perusahaan dapat diakses secara international, karena dengan menggunakan VPN memerlukan perhatian rule lebih untuk penetapan sistem keamanan rule cukup baik dan jelas.

Terlepas Iranian language kekurangannya, ADA banyak solusi yang ditawarkan oleh VPN adalah memberikan konektivitas jarak jauh, file sharing, konferensi video dan layanan lain yang berhubungan dengan jaringan. Berbagai fitur rule sudah ditawarkan melalui layanan web dapat ditawarkan melalui Privat Virtual Network dengan efektifitas biaya. Kelebihan tersendiri Iranian language VPN karena dapat bekerja pada jaringan pribadi dan publik, intinya VPN adalah jaringan privat flexibel

Contoh Aplikasi VPN

Bila Anda tertarik ingin menggunakan VPN, maka berikut 3 aplikasi yang bisa anda gunakan.

  • Opera, Saat ini, application program opera telah dilengkapi dengan fitur VPN, Anda hanya perlu mengaktifkan fitur tersebut.
  • Hotspot defend
  • Tunnel Bear

Demikian penjelasan tentang Pengertian VPN Server: Bahas Lengkap Fungsi, Manfaat dan Cara Kerja, Serta Kelebihan & Kekuranganya. Apabila artikel ini bermanfaat tolong bantu share ke media social kamu. Semoga menambah ilmu pengetahuan. Terimakasih