Pengertian Politik Terperinci, Tujuan, Macam Dan Konsepnya

Pengertian Politik Terperinci, Tujuan, Macam Dan Konsepnya – Apa yang dimaksud dengan politik? Kali ini kampuskuis.com akan menjelaskan tentang pengertian politik, tujuan politik, macam-macam politik dan konsep politik. Simak penjelasan dibawah ini.

Pengertian Politik Terperinci, Tujuan, Macam Dan Konsepnya

 

Pengertian Politik

Politik yaitu suatu proses pembentukan dan juga pembagian kekuasaan dalam lingkup masyarakat yang mana wujudnya adalah proses pembuatan sebuah keputusan, khususnya di dalam suatu negara. Definisi politik juga bisa diartikan sebagai seni dan juga ilmu untuk dapat meraih suatu kekuasaan, baik secara konstitusional maupun secara non-konstitusional.

Pengertian politik juga secara etimologis adalah bahasa yang berasal dari bahasa Yunani, yaitu “Polis” yang memiliki arti Negara Kota. Dan pada pemakaian kata tersebut lalu berkembang, diantaranya adalah :

  • Polities; artinya warga Negara
  • Politicia: artinya pemerintahan Negara
  • Politikos; artinya kewarganegaraan
  • Politike Episteme; artinya ilmu politik

Nah, ditinjau dari asal katanya maka definisi politik yaitu sebuah kegiatan dalam suatu sistem politik ataupun negara yang menyangkut sebuah penentuan tujuan dari sistem agar bisa mencapai tujuan.

Tujuan Politik

Jika kita mengacu pada definisi politik di atas, maka kitapun bisa mengetahui apa tujuan politik itu. Berikut ini adalah beberapa tujuan suatu politik pada umumnya:

  • Untuk mengupayakan supaya kekuasaan di tengah masyarakat serta di pemerintahan dapat dikelola, diperoleh, serta diterapkan sesuai dengan norma hukum yang berlaku.
  • Untuk mengupayakan supaya kekuasaan yang telah di buat di tengah masyarakat dan juga pemerintah dapat mengelola, memperoleh, dan juga menerapkan demokrasi secara keseluruhan.
  • Untuk mengupayakan penerapan dan juga pengelolaan suatu politik di tengah masyarakat serta pemerintahan agar sesuai dengan kerangka mempertahankan suatu prinsip Negara Kesatuan di Republik Indonesia yang kita cintai.

Dengan demikian, di tarik kesimpulan bahwa tujuan politik di Indonesia yaitu sebagai berikut:

  • Untuk melindungi semua hak-hak warga negara Indonesia tanpa terkecuali satu pun, serta menjaga pelaksanaan suatu kewajiban dengan bisa melaksanakan pemerintahan untuk mengatur keamanan di setiap penjuru negara.
  • Untuk bisa mensejahterakan kehidupan setiap penjuru masyarakat Indonesia.
  • Untuk memastikan bisa terlaksananya suatu sistem pendidikan demi bisa memajukan bangsa dan juga negara yang semakin maju.
  • Untuk menjaga keamanan serta perdamaian, agar kehidupan sosial bisa seimbang, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Penerapan politik di dalam kehidupan berbangsa dan juga bernegara, maka politik bisa diartikan sebagai proses sebuah kekuasaan pemerintah, baik lembaga legislatif, eksekutif, dan juga yudikatif. Penerapan politik ini juga terjadi pada proses suatu kekuasaan lembaga non pemerintahan juga, misalnya saja organisasi masyarakat dan juga partai politik.

Macam – Macam Politik

Secara umum terdapat beberapa sistem politik yang kerap sekali kita lihat di tengah masyarakat. Berikut ini adalah beberapa sistem sebuah politik:

  • Sistem Politik Otokrasi Tradisional
  • Sistem Politik Oligarki
  • Sistem Politik Demokrasi
  • Sistem Politik Totaliter
  • Sistem Politik Otoriter

Selain yang disebutkan di atas, masih terdapat beberapa sistem politik yang juga pernah dipakai di beberapa negara. Akan tetapi, lima sistem politik yang ada di atas adalah sistem politik yang paling sering dipakai di tengah masyarakat indonesia.

Konsep Politik

konsep-konsep pokok dari sebuah politik antara lain :

  • Negara

Pendekatan yang menggunakan simbol negara sebagai inti dari sebuah politik pada umumnya memusatkan perhatian pada sebuah lembaga lembaga ketatanegaraan saja. Nah, pendekatan inilah yang disebut dengan pendekatan institusional. dengan memiliki suatu tujuan agar negara dan juga lembaga-lembaga yang ada bisa melaksanakan tujuan-tujuan tersebut, yaitu di antaranya hubungan antar negara dengan warganya serta hubungan negara dengan negara-negara lainya.

  • Kekuasaan

Pendekatan politik seperti inilah yang lebih bisa terpengaruh oleh suatu sosiologi yang ruang lingkupnya tergolong lebih luas dan juga dinamis sebab menyangkut gejala-gejala sosial yang ada di tengah masyarakat. Deliar Noer dalam pemikiranya politik menyebutkan bahwa ilmu politik itu memusatkan perhatian pada suatu masalah kekuasaan dalam sebuah kehidupan bersama masyarakat. Akan tetapi kehidupan seperti ini, tidak terbatas pada bidang suatu hukum saja.

  • Pengambilan Keputusan

Pengambilan suatu keputusan sebagai salah satu konsep yang sekiranya sangat pokok politik dan menyangkut keputusan-keputusan yang diambil secara kolektif dan juga mengikat seluruh masyarakat. Maka setiap proses dalam membentuk kebijaksanaan umum ini ataupun kebijaksanaan pemerintah adalah suatu hasil dari sebuah proses pengambilan keputusan dari hasil memilih antara beberapa alternatif. Di kutip dari penjelasan Joyoe Mitchell dalam buku Political Analysis and Public Policy: yang artinya “Politik adalah pengambilan sebuah keputusan kolektif ataupun pembuatan kebijaksanaan yang umum untuk masyarakat semuanya”.

  • Kebijaksanaan Umum

Kebijaksanaan adalah suatu kumpulan yang sengaja diambil oleh seorang pelaku atau suatu kelompok politik ( yang memiliki kekuasaan untuk melaksanakannya ) dalam usaha memilih suatu tujuan dan juga acara untuk bisa mencapai tujuan-tujuan itu. Bahkan ilmuwan politik, David Easton dalam sebuah bukunya The Political System menjelaskan bahwa kehidupan politik itu mencakup bermacam-macam kegiatan yang bisa mempengaruhi kebijaksanaan dari pihak yang di situ berwenang, yang diterima untuk suatu kelompok masyarakat, dan juga yang mempengaruhi cara untuk bisa melaksanakan kebijakan itu.

  • Pembagian atau Alokasi

Yang di maksud dengan sistem pembagian ataupun alokasi ialah pembagian dan juga penjatahan dari nilai-nilai masyarakat. Dan permasalahannya yaitu pembagian itu sendiri kerap sekali kali tidak merata sehingga hal demikian dapat menimbulkan sebuah konflik. Dengan masalah tidak bisanya meratannya pembagian nilai-nilai inilah yang sangat perlu dicermati dalam sebuah kekuasaan dan juga kebijaksanaan dari pemerintah itu sendiri.

Demikian penjelasan tentang Pengertian Politik Terperinci, Tujuan, Macam Dan Konsepnya. Apabila artikel ini bermanfaat tolong bantu share ke media social kamu. Semoga menambah ilmu pengetahuan. Terimakasih