Pengertian Form, Jenis dan Cara Membuat Serta Contohnya

Pengertian Form, Jenis dan Cara Membuat Serta Contohnya – Apakah yang dimaksud dengan Form? Kali ini kampuskuis.com akan menjelaskan tentang pengertian form, jenis dan cara membuat form juga contohnya. Simak penjelasan dibawah ini.

Pengertian Form, Jenis dan Cara Membuat Serta Contohnya

 

Pengertian Form

Form adalah digunakan untuk menerima inputan yang berasal dari user dan mengolah hasil inputan tersebut ke server. Penggunakan form yang hanya memakai HTML saja tidak akan benar-benar berguna. Form umumnya hanya berbentuk interface yang disajikan untuk mengumpulkan data/information yang berasal dari user, dan akan diproses denganbahasa pemograman layaknya seperti JavaScript atau PHP, dan disimpan didalam database MySQL.

Perintah atau tag yang digunakan adalah <FORM> dan diakhiri dengan tag </FORM>. Field-field yang berada diantaranya digunakan untuk memilih ukuran jenis/tipe dari masing-masing input field.

Jenis-jenis Form

Ada beberapa jenis form dibawah ini :

Method POST dan GET

Method POST dan GET adalah method yang digunakan didalam halaman html untuk mengirimkan parameter/data dari halaman masukan ke halaman keluaran.

Ada perbedaan pada metode pengiriman memakai method GET dan POST. Jika dengan GET maka parameter akan/dapat ditampilkan di URL. Sedangkan POST tidak ditampilkan di URL. Untuk data/information yang banyak, umumnya digunakan POST, atau data/information yang tidak ingin dilihat misalkan data/information untuk login, yang dikirimkan username dan password. Jika memakai GET maka username dan password-nya bisa muncul/terlihat sehingga untuk login autentifikasi digunakan method POST.

TEXTBOX

Textbox digunakan untuk memasukkan data/information string sebanyak satu baris.

Contoh penulisan TEXTBOX :

Hasilnya :

hasil dari textbox

CHECKBOX

Checkbox digunakan untuk memberikan beberapa/lebih dari satu pilihan kepada user, supaya user dapat/bisa memilih salah satu, lebih dari satu pilihan atau tidak sama|sekali.

Contoh penulisan CHECKBOX :

checkbox

Hasilnya :

hasil dari checkbox

RADIO Button

Radio button digunakan membuat pilihan. user bisa memilih/menentukan salah satu pilihan yang yersedia, supaya user tidak bisa memilih/menentukan kurang atau lebih dari satu pilihan yang disediakan.

contoh penulisan RADIO button:

radio button

hasilnya :

hasil dari radio button

DROP DOWN Menu

DROP DOWN Menu digunakan untuk membuat menu pilihan.

contoh penulisan DROP DOWN Menu :

drop down menu

hasilnya :

hasil dari drop down menu

TEXT AREA

Text area digunakan untuk menampilan masukan berupa/berbentuk textbox yang mempu menerima masukan berupa/berbentuk string lebih dari satu baris.

contoh penulisan TEXT AREA :

text area

Hasilnya :

hasil dari text area

BUTTON

Elemen ini diunakan untuk menampilkan tombol yang bisa berupa/berbentuk tombol SUBMIT untuk mengirimkan data/information ke pemroses di server, RESET untuk mengulangi/mengosongkan isian form yang tidak berguna/berfungsi apa pun sebelum saat kita mendefinisikan sebuah fungsi/kegunaan untuknya.

contoh penulisan BUTTON :

button

Hasilnya :

hasil dari button

FIELDSET

Elemen ini digunakan untuk mengelompokan data/information yang terikat dengan formilir, namun legend didefinisikan untuk memberi keterangan untuk elemen fieldset

contoh penulisan FIELDSET:

fieldset

Hasilnya :

hasil dari fieldset

Demikian penjelasan tentang Pengertian Form, Jenis dan Cara Membuat Serta Contohnya. Apabila artikel ini bermanfaat tolong bantu share ke media social kamu. Semoga menambah ilmu pengetahuan. Terimakasih

Leave a Comment