Pengertian Cerita Jenaka, Ciri, Tipe Cerita Rakyat Lengkap Dengan Contohnya

 

Pengertian Cerita Jenaka, Ciri, Tipe Cerita Rakyat Lengkap Dengan Contohnya – Apa yang dimaksud dengan pengertian cerita jenaka? Kampuskuis akan membahas tentang pengertian cerita jenaka lengkap dengan contohnya. Simak penjelasan dibawah ini.

 

Pengertian Cerita Jenaka, Ciri, Tipe Cerita Rakyat Lengkap Dengan Contohnya

 

Pengertian Cerita Jenaka

 

Cerita Jenaka adalah komponen cerita rakyat yang berunsur jenaka atau lucu yang bisa membangkitkan tawa. Bahan ceritanya didasarkan pada kehidupan masyarakat sehari-hari. Alur ceritanya berfokus pada kelakuan pelaku.

Figur cerita jenaka yang berkembang dalam masyarakat Indonesia seperti Si Kebayan Sunda, Lebai Malang Sumatra, dan Pak Banjir Jawa.

Cerita rakyat ialah cerita yang berasal dari masyarakat kemudian berkembang dalam masyarakat pada masa lampau yang menjadi ciri khas disetiap bangsa yang memiliki budaya adat istiadat yang pelbagai macam yang meliputi kekayaan adat istiadat dan sejarah yang dimiliki masing-masing bangsa.

Pada lazimnya cerita rakyat ini mengisahkan mengenai suatu kejadian di suatu daerah atau asal muasal suatu daerah. Tokoh-tokoh yang ditimbulkan dalam cerita rakyat lazimnya diciptakan dalam format hewan, manusia dan dewa.

Ciri-Ciri Cerita Rakyat :

 

  • Dipersembahkan turun-temurun
  • Tak dikenal siapa yang pertama kali membuatnya
  • Kaya poin-poin luhur
  • Bersifat tradisional
  • Mempunyai banyak versi dan tipe
  • Memiliki format-format klise dalam susunan atau sistem pengungkapkannya
  • Bersifat anonim artinya nama pengarang tak ada
  • Berkembang dari mulut ke mulut
  • Cerita rakyat diberi tahu secara verbal

Tipe-Tipe Cerita Rakyat

 

Tipe-variasi cerita rakyat yaitu cerita hewan, cerita asal-masukan ( legenda ), cerita pelipur lara, cerita jenaka. Nah untuk lebih mengenal penjelasan dari variasi-variasi cerita rakyat atau tipe-tipe cerita rakyat serta seumpama dari masing-masing simak ulasannya beriku ini.

  • Cerita Hewan

Cerita hewan ( fabel ) ialah cerita yang tokoh-tokohnya berupa hewan dengan peran layaknya manusia. Hewan-hewan bisa berdialog makan minum dan berkeluarga sebagaimana layaknya manusia.

Dengan demikian dapatlah dipahami bahwa fabel tak semata-mata sebagai cerita hewan namun sebagai metamorphosis kehidupan manusia. Adapun maksud dari penggambaran via hewan yaitu agar kisah itu tak hingga menyinggung orang yang mendengar atau membacanya.

  • Cerita Asal-Muasal ( Legenda )

Secara garis besar cerita asal-muasal terbagi ke dalam tiga variasi yakni :

  • Cerita Asal-Muasal Dunia Tumbuh-Tumbuhan

Figur :

  1. Padi berawal dari Dewi Sri
  2. Gadun berbisa sebab dipanah oleh pohon jagung memakai buah hati panah yang berbisa.
  3. Tandan jagung berlubang sebab ditombak oleh pohon gandung.
  4. Pohon mata lembu seperti rusak kulitnya sebab memperhatikan pertarungan antara pohon jagung dan pohon gadung terlalu dekat.
  • Cerita Asal-Muasal Hewan

Figur :

  1. Sapi bergelambir sebab sewaktu dia mandi pakaiannya tertukar dengan pakaian kerbau yang besar.
  2. Darah ikan mas mempunyai warna darah seperti darah manusia sebab asal mula ikan mas yaitu manusia.
  • Cerita Asal-Masukan Terjadinya Konon Daerah

Figur :

  1. Nama gunung tengger konon diambil dari pasutri yang bernama Rar Anteng dan Joko Seger.
  2. Gunung Tangkuban Perahu di Bandung Utara konon berasal dari perahu milik sangkuriang. Sebab dia naik darah perahu itu ditendangnya sampai tertelungkup dan berubah menjadi sebuah gunung yang kemudian diketahui sebagai Gunung Tangkuban Perahu.

Contoh Cerita Jenaka

 

  • Cerita Pelibur Lara

Cerita variasi ini disebut pelibur lara karena fungsinya memang untuk menghibur hati. Dalam cerita ini dikisahkan hal-hal yang menawan-menawan, penuh fantasi dan asa yang cantik.

Contohnya seputar kehidupan istana, keajaiban-keajaiban senjata keramat dan sakti, putrid yang indah ataupu hal-hal lainnya yang menandakan estetika dan kebahagiaan.

  • Cerita Jenaka

Karaya sastra klasik lainnya yang cukup tenar yaitu cerita jenaka seperti Pak Belalang. Lebai Malang, Lebai Malang menandakan orang yang sebab keserakahannya justru senantiasa tak mendapat apa-apa.

Demikian penjelasan tentang Pengertian Cerita Jenaka, Ciri, Tipe Cerita Rakyat Lengkap Dengan Contohnya. Apabila artikel ini bermanfaat tolong bantu share ke media social kamu. Semoga menambah ilmu pengetahuan. Terimakasih

About admin

Check Also

4 Contoh Amal Jariyah Yang Tidak Pernah Putus, Lengkap Dengan Hadits

4 Contoh Amal Jariyah Yang Tidak Pernah Putus, Lengkap Dengan Hadits

Daftar Isi:1 4 Contoh Amal Jariyah Yang Tidak Pernah Putus1.1 1. Mengajarkan Ilmu1.2 2. Do’a …