4 Contoh Amal Jariyah Yang Tidak Pernah Putus, Lengkap Dengan Hadits

 

4 Contoh Amal Jariyah Yang Tidak Pernah Putus, Lengkap Dengan Hadits- Amal jariyah merupakan salah satu amal pahala yang tidak akan pernah putus meskipun sudah meninggal. Amal jariyah akan terus mengalir sampai kapanpun.

Amal jariyah akan mengalir sampai kapanpun bahkan sampai alam kubur. Amal jariyah akan menolong sebagai pertimbangakan Allah SWT menghisabnya. Pahala amal jariyah akan mengalir ke alam kubur.

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَنْهُ عَمَلُهُ إِلا مِنْ ثَلاثَةٍ : إِلا مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ ، أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ ، أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Artinya: Jika manusia mati, maka terputuslah amalnya kecuali tiga perkara: (1) sedekah jariyah, (2) ilmu yang diambil manfaatnya, (3) anak shalih yang selalu mendoakan orang tuanya.

Kategori orang-orang yang mendapatkan amal jariyah yaitu orang yang sering melakukan kebaikan dan menyisihkan sedikit rizkinya untuk orang lain. Dia selalu mengedepankan kepentingan umum daripada kepentingan pribadinya.

4 Contoh Amal Jariyah Yang Tidak Pernah Putus

Berikut ini merupakan contoh amal jariyah yang tidak pernah putus:

1. Mengajarkan Ilmu

Kemampuan manusia berbeda-beda. Ada yang pintar ada juga kurang pintar. Maka dari itu orang yang punya kemampuan ilmu tinggi memberikan pembelajaran kepada yang yang belum mengerti.

2. Do’a Anak Sholeh Sholekhah

Sebagai orang tua harus memberikan pendidikan karakter sejak dini. Memberikan contoh budi pekerti, perilaku, tutur kata yang baik. Kelak anak itu akan mendoakan kedua orang tuanya yang sudah meninggal.

3. Shodaqoh Harta

Alangkah baiknya orang yang sudah bergelimang harta yang banyak, sedekahkan hartamu sedikit untuk orang lain yang kurang mampu. Sudah sepantasnya saling membantu satu sama lain.

4. Pembangunan Masjid

Apabila di kampung sedang ada pembangunan masjid, setidaknya turut andil menyisihkan hartanya sedikit untuk pembangunan masjid tersebut. Karena demikian akan menjadi amal jariyah yang tidak akan putus sampai kapanpun.

Manusia hidup didunia ini hanya sementara. Maka semasa hidupnya harus digunakan dengan baik. Mengapa demikian? Karena ketika nanti hari kiamat akan dipertimbangkan semua amal kebaikannya maupun keburukannya. Maka dari itu betapa pentingnya manusia membutuhkan amal jariyah yang nanti tidak akan pernah putus dan terus mengalir.

Tidak ada batasan waktu untuk melakukan amal jariyah. Sepanjang kehidupan orang tersebut sudah mampu dari segi ekonomi dan kemapanan, maka orang itu harus berpikir jauh kedepan untuk melakukan amal jariyah. Apakah setiap orang harus memberikan amal jariyah? Tidak. Amal jariyah jariyah tidak hanya berbentuk dengan harta, tetapi amal jariyah juga berbentuk perbuatan. Suka menolong contohnya.

عَنْ أَنَسٍ رَ ضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلّمَ : سَبْعٌ يَجْرِي لِلْعَبْدِ أَجْرُهُنَّ وَهُوَ فِي قَبْرِهِ بَعْدَ مَوْتِهِ : مَنْ عَلَّمَ عِلْمًا أَوْ أَجْرَى نَهْرًا أَوْ حَفَرَ بِئْرًا أَوْ غَرَسَ نَخْلاً أَوْ بَنَى مَسْجِدًا أَوْ وَرَّثَ مُصْحَفًا أَوْ تَرَكَ وَلَدًا يَسْتَغْفِرُ لَهُ بَعْدَ مَوْتِهِ

Artinya: Dari Anas Radhiyallahu anhu, beliau mengatakan, ” Rasûlullâh Shaallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Ada tujuh hal yang pahalanya akan tetap mengalir bagi seorang hamba padahal dia sudah terbaring dalam kuburnya setelah wafatnya (yaitu) : Orang yang yang mengajarkan suatu ilmu, mengalirkan sungai, menggali sumur, menanamkan kurma, membangun masjid, mewariskan mushaf atau meninggalkan anak yang memohonkan ampun buatnya setelah dia meninggal.

Demikianlah penjelasan 4 Contoh Amal Jariyah Yang Tidak Pernah Putus, Lengkap Dengan Hadits. Semoga sahabat semuanya termotivasi dari artikel diatas.

About admin

Check Also

21 Pengertian Filsafat Hukum Menurut Para Ahli Lengkap dengan Tujuan dan Ruang Lingkup

21 Pengertian Filsafat Hukum Menurut Para Ahli Lengkap dengan Tujuan dan Ruang Lingkup

Daftar Isi:1 Apa itu Filsafat Hukum?2 Pengertian Filsafat Hukum Menurut Para Ahli2.1 Pengertian Filsafat Hukum …